Berbagi Paket Energi Kebahagiaan Ramadhan

Berbagi Paket Energi Kebahagiaan Ramadhan

Pada hari selasa 06 April 2021 Lembaga Amil Zakat Nurul Fikri beralamat di jalan Galaxy kota palangka Raya atau yang biasa disingkat LAZ NF melaksanakan salah satu program ramadhan  yaitu Penyaluran Fidyah. Program Ramadhan 1442 H dengan tema “Berbagi Energi Kebahagiaan” ini memiliki banyak kegiatan yaitu Kampung Ramadhan, Tadarus Qur’an, Ayah Bunda Mengaji, Sedekah Buka Puasa, Berbagi Takjil Nikmat, Grebek Sahur, Buka Puasa palestina, Kado lebaran Yatim dan Dhuafa, Zakat Fitrah dan yang telah dilaksanakan adalah Penyaluran Fidyah.

Fidyah dilakukan bagi beberapa orang yang tidak mampu menjalankan ibadah puasa dengan kriteria tertentu, diperbolehkan tidak berpuasa serta tidak harus menggantinya di lain waktu. Namun, sebagai gantinya diwajibkan untuk membayar fidyah. Fidyah wajib dilakukan untuk mengganti ibadah puasa dengan membayar sesuai jumlah hari puasa yang ditinggalkan untuk satu orang.  Nantinya, makanan itu disumbangkan  kepada orang miskin. Dan Lembaga Amil Zakat Nurul Fikri menjadi lembaga yang menyalurkan fidyah bagi kaum dhuafa atau yang membutuhkan.

Penyaluran Fidyah oleh LAZ NF bersama sahabat relawan ramadhan ini berbagi nasi kotak pada kaum dhuafa, mualaf dan orang-orang yang membutuhkan. Sebanyak 100 paket dibagikan di sekitar jalan Rajawali, jalan Banteng dan jalan Sapan. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai energi  menyambut ramadhan untuk berbagi pada mereka yang membutuhkan.

Sasaran penyaluran fidyah ini dibagikan pada puluhan keluarga yang dianggap membutuhkan di ketiga daerah tersebut. tempat yang jauh dengan kondisi jalan yang sangat bergelombang serta berada pada jalan yang sempit membuat kendaraan yang mengangkut nasi kotak tidak dapat menjangkau  langsung rumah warga yang akan dibagikan. Oleh karena itu tim relawan berjalan kaki untuk membagikan puluhan nasi kotak pada keluarga yang membutuhkan.

Kemudian penyaluran fidyah tahap kedua dilakukan pada hari Rabu 07 April 2021 start dimulai pada pukul; 13.00 wib dibagikan di 3 titik yaitu di Desa Bereng Bengkel, Kereng Bangkirai dan terakhir di daerah G. Obos Palangka Raya. Penyaluran fidyah tahap kedua ini dibagikan sebanyak 238 paket makanan, jumlah yang lebih banyak dari penyaluran tahap pertama.

Penyaluran di desa Bereng Bengkel menempuh jarak yang sangat jauh dan melalui jalur sungai serta menyewa ‘kelotok’ untuk sampai di desa tersebut. Tim relawan dibagi menjadi dua ‘kelotok ‘ untuk mengantarkan paket makanan di setiap rumah.

Perjalanan sempat terhenti dikarenakan hujan yang sangat lebat, setelah hujan reda perjalanan dilanjutkan menuju Kereng Bangkirai dan dibagikan pada anak-anak yang mengaji dan masyarakat setempat yang membutuhkan.

Para penerima fidyah sangat berterima kasih atas pemberiaan tersebut dan banyak berdoa untuk kebaikan muzakki serta lembaga amil zakat nurul fikri yang telah menyalurkan paket makanan ini kepada mereka.

Facebook Comments