Kampung Ramadhan di Kameloh Baru, Energi Ramadhan Menembus Pelosok Negeri

Kampung Ramadhan di Kameloh Baru, Energi Ramadhan Menembus Pelosok Negeri

Ramadhan 1443H, Kameloh Baru merupakan salah satu kelurahan atau desa yang terletak di Kecamatan Sebangau Kota Palangkaraya.

Kelurahan Kameloh Baru terpisah menjadi 2 lokasi yaitu kameloh baru bawah dan kameloh baru atas. Kameloh baru bawah merupakan asal muasal penduduk yang sekarang sebagian penduduk pindah ke daerah atas yang disebut dengan Kameloh Baru Atas.

Perjalanan menuju Desa Kameloh Baru bawah yaitu jalur darat melalui Kalampangan kemudian menempuh jalur sungai Kahayan dari dermaga kurang lebih 90 menit perjalanan hingga sampai ke desa tujuan.

Kameloh baru bawah terdiri 5 RT dengan total jumlah penduduk 980 jiwa dengan 230KK. 90% penduduk kameloh baru bawah adalah islam, selebih nya adalah kristen dan hindu. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat di Kameloh Baru Bawah adalah sebagai nelayan mencari ikan untuk dijual, memasang keramba, sebagian kecil bekerja sebagian buruh lepas.

Satu-satunya masjid yang ada di Kameloh Baru bawah adalah masjid At-Taqwa yang menjadi pusat aktifitas pembelajaran islam di Desa Kameloh Baru Bawah.

Pada Ramadhan 1443H, LAZ Nurul Fikri mengirim Dai atau guru ngaji untuk mengabdi selama 2 pekan pada bulan Ramadhan.

Tugas Dai Ramadhan LAZ Nurul Fikri adalah membantu masyarakat yang ada di Kameloh Baru Bawah untuk menghidupkan aktifitas ibadah selama Ramadhan, seperti, sholat lima waktu berjamaah, shalat tarawih berjamaah, tadarus qur’an, dan mengajar ngaji anak-anak-remaja yang ada di Kameloh Baru bawah.

“Kehadiran guru ngaji yang di fasilitasi oleh LAZ Nurul Fikri di Desa Kameloh baru sangat bermanfaat bagi kami, mengingat disini belum ada guru ngaji yang fokus membimbing anak-anak dan remaja.” ujar pak Ardan, selaku ketua RT di Kameloh Baru.

“Kami berharap setiap tahun LAZ Nurul Fikri bisa mengirim guru ngaji ke desa kami sehingga anak-anak kami disini bisa belajar dengan semangat dan sampai tuntas.” harap Ardan.

Susanto, selaku manager program Ramadhan NF menyampaikan, “InsyaAllah pengiriman Dai akan terus berlanjut di tahun depan karena merupakan komitmen kami bagaimana kebermanfaatan Lembaga bisa menyentuh daerah pelosok termasuk di Kameloh Baru ini.”

“Mohon doanya dari masyarakat disini agar kami di NF bisa istiqomah dan selalu diberikan kesehatan.” harap Susanto.

Terima kasih kepada para donatur Ramadhan LAZ Nurul Fikri atas support dan doanya sehingga program Kampung Ramadhan LAZ Nurul Fikri terlaksana dengan baik. Semoga Allah Swt membalas amal baik para donatur, dan menerima segala amal ibadah kita semua. aamiin. (El).

Facebook Comments