Peduli Sosial Kemanusiaan

Mari Bantu Ringankan Beban Saudara-saudara kita yang membutuhkan

Dhuafa secara umum merujuk pada kondisi seseorang, kelompok atau golongan yang hidup dalam ketidakberdayaan. Baik itu karena faktor ekonomi maupun sosial. Kondisi ini bisa diartikan dalam kemisikinan, kelemahan, dan penderitaan yang tiada hentinya. Namun bukan berarti mereka tak melakukan apa apa. Mereka tetap berupaya menjalin kehidupan sehari hari, hanya saja mereka masih kekurangan atau tertekan akan keadaan dalam ekonomi, fisik, maupun sosial.

Dalam Islam terdapat banyak anjuran untuk memuliakan kaum dhuafa. Sudah semestinya apabila kita memiliki harta berlebih, maka berbagilah kepada mereka. Sebab dengan itu kita meringankan separuh dari penderitaan mereka.

Tentunya dalam memuliakan mereka tidak semua bisa dikategorikan kaum dhuafa. Kriteria dhuafa diantaranya : anak yatim, fakir miskin, ibnu sabil, orang yang meminta minta, hamba sahaya, orang disabilitas, orang sakit, para lansia, janda miskin, mualaf, orang yang banyak hutang, orang yang berjuang dijalan Allah, buruh atau pekerja kasar, rakyat kecil yang tertindas, orang yang mengalami bencana atau musibah.

Masih banyak orang orang yang ada di sekitar yang memerlukan bantuan uluran tangan dari kita.

LAZ Nurul Fikri terus berkomitmen untuk membantu meringankan beban saudara saudara kita yang membutuhkan melalui 2 sub program :
1. Santunan untuk lansia dhuafa
2. Bantuan biaya hidup dhuafa

Salurkan Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) untuk program Peduli Sosial Kemanusiaan.

Bagikan: