Program PBHQ

Program PBHQ

Program PBHQ – Sebagai sebuah Lembaga Amil Zakat, NF Zakat Center tidak ingin terjebak pada ritual pengelolaan Zakat, Infak dan Sedekah yang bersifat Konsumtif. NFZakat Center lebih memilih untuk mengoptimalkan Dana ZIS yang diamanah para Donatur kepada program-program yang bersifat Produktif Kreatif. Meskipun ada alokasi untuk program yang bersifat konsumtif, NFZakat Center memilih yang Konsumstif-Kreatif, misalnya dengan membelikan peralatan sekolah atau subsidi SPP untuk anak-anak tidak mampu atau membelikan peralatan usaha yang kemudian dihibahkan kepada mustahik dan diikuti dengan pendampingan secara intensif.

Program PBHQDemikian juga Program Pemberantasan Buta Huruf Al-Qur’an. Program ini dijalankan dengan basis Produktif Kreatif. Program ini dijalankan setelah melakukan beberapa kali survey dan kajian kelayakan baik dari sisi Wilayah, Kondisi keagamaan, social dan ekonomi masyarakat dan adanya sumberdaya manusia local yang bias dilibatkan dalam menjalankan program.

Secara teknis pelaksanaan, Program ini dijalankan dengan membuka TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) di beberapa Desa di Daerah Rawan Sosial. Adapun Guru yang direkrut adalah remaja dan pemuda desa setempat yang dilatih dan kemudian diberi kafalah (gaji) serta pendampingan terus menerus oleh Divisi Program dan Pemberdayaan Mustahik NFZakat Center.

Hasilnya ada TPA dengan jumlah santri yang awal mulanya hanya 15 anak sekarang sudah menjadi 61 anak yang didampingi oleh para guru yang direkrut dari kalangan mahasiswa.

Facebook Comments